-->
BLANTERWISDOM101

Tips biar Resolusi tiap Tahun tidak hanya Itu-Itu Melulu

Source: Pinterest


Tak terasa kita sudah memasuki minggu ke dua di tahun 2019. Bagaimana? Masih konsisten dengan perubahan-perubahan baiknya? Apa semangatnya masih sama seperti pada saat 1 Januari? Atau malah sudah sampai pada kesimpulan kalau resolusi tahun 2019 gagal, tahun depan tinggal ganti judul aja. Nah, biar tidak sampai begitu,  mari kita ulas sedikit tips-tips yang semoga jitu agar resolusi tiap tahun tidak hanya itu-itu melulu. 

1. Write It Down

What? Kayaknya semua orang juga sudah tahu, ya. Tapi bukan hanya sekadar menuliskannya di smartphone yang mana kamu lebih suka membaca kejulitan netizen maha benar di akun Instagram Lambeh Turah. Melainkan harus benar-benar menuliskannya di kertas. Ada banyak sekali sel-sel otak yang bekerja ketika menulis dengan tangan, sebuah hal yang tidak akan didapatkan ketika kamu hanya mengetik di ponselmu. Menulis dengan tangan juga dapat meningkatkan daya ingat. Sehingga ingatanmu pada resolusi tahun ini tidak mudah tergerus oleh kenangan tentang mantan. Jangan lupa untuk meletakkan di tempat yang mudah terlihat. Kalau mau, kamu juga bisa menulis ulang secara berkala, pengulangan adalah cara terbaik untuk memasukkan informasi baru ke alam bawah sadar. Selain itu, diharapkan agar semangatmu juga senantiasa mengalami pembaharuan.

2. Cut it into pieces

Memiliki mimpi besar adalah hak semua orang. Bahkan sebuah keharusan agar kamu punya alasan untuk bangkit dari tempat tidur setiap pagi. Tapi jangan hanya terpaku pada hal tersebut. Ada banyak anak tangga menuju lantai atas.  Menikmati proses dan merayakan setiap kamu berhasil maju satu langkah adalah mental seorang yang sukses sesungguhnya. Kamu bisa menggunakan metode mind mapping untuk membuat mimpi besarmu menjadi bagian-bagian kecil, agar fokus kamu lebih jelas dan terarah. Misalnya kamu ingin meningkatkan kepercayaan diri. Itu terlalu abstrak dan tak bisa langsung dipraktekkan. Kamu bisa membagi-baginya menjadi melakukan self care dan meditasi, mengubah mindset, belajar hal baru, dan lain sebagainya. 

3. Focus

Semakin banyak pilihan maka akan semakin sulit bagimu untuk fokus. Bingung menentukan mana yang harus dimulai lebih dulu. Untuk itu renungilah apa yang sungguh-sungguh ingin kamu capai. Pastikan ia benar-benar otentik. Berasal dari dalam dirimu sendiri. Bukan karena ikut-ikutan, bukan karena ingin terlihat keren. Miliki alasan yang jelas mengapa kamu menginginkannya. Lalu eliminasi impian-impian yang gamang, yang tidak memilik pondasi kuat. Karena itu hanya akan mengganggumu saja. Hingga kemudian hanya tersisa beberapa tetapi kamu serius akan itu. Selain itu, fokuslah pada membangun kebiasaan ketimbang mencapai target tertentu. Kita hari ini adalah hasil dari kebiasaan-kebiasaan kita di masa lalu. Jadi kalau dulu hanya fokus ingin menjadi seorang penulis, mulai sekarang bangunlah kebiasaan menulis itu sendiri, ini bisa dilakukan dengan memulai menulis jurnal. 


4. Affirmation

Ketika kamu belum berhasil mencapai sesuatu, bisa jadi itu disebabkan oleh kebiasaan yang tidak mendekatkan pada tujuan, keyakinan yang tidak mantap, visi yang tidak jelas, dan keterlibatan emosi yang tidak kuat. Semua komponen ini berada di dalam pikiran bawah sadar. Alam ini memiliki peran sangat besar dalam bagaimana kita menjalani kehidupan. Ia menyimpan data-data tentang kebiasaan, emosi, kepribadian, keyakinan, visi, kreativitas, imajinasi, dan lain-lain. Kita harus mengaksesnya dan mengganti dengan data yang baru. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metode afirmasi. Setiap pagi, berdirilah di depan cermin, dan ucapkan dengan jelas, mantap, dan tegas apa yang ingin kamu capai atau kata-kata positif yang lain. Sebagaimana kebiasaan merupakan hasil dari tindakan yang berulang, kata-kata yang terus diulang akan menciptakan kepercayaan baru. Sebab alam bawah sadar tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Saat kamu telah percaya akan sesuatu, tanpa sadar kamu akan terus mengumpulkan informasi terkait hal tersebut. Semesta akan membantu membuktikan padamu bawah itu adalah benar. Ingatkah saat kamu pernah sangat menginginkan sesuatu dan kemudian seperti ada jalan tak terduga untuk mendapatkannya? Inilah yang disebut dengan The Law of Attraction. Percayalah pada mimpimu dan semesta akan mendukung.

5. Mantaining good Relationship with God

Masih belum berhasil juga mewujudkan impianmu? Hidup terasa sangat berantakan dan semakin menjauh dari apa yang diharapkan? Coba periksa bagaimana hubunganmu dengan Tuhan. Kehidupan kita sehari-hari merupakan refleksi bagaimana hubungan kita dengan Sang Pencipta. Ada sebuah cerita, di mana seseorang merasa tak cukup waktu untuk mengerjakan semuanya, kesibukan seperti tidak memiliki akhir, rencana yang tak menemui jalannya, hasil yang jauh dari harapan. Terdengar seperti kamu banget, ya. Tapi kemudian dia memperbaiki sholatnya lalu Allah memperbaiki hidupnya. Kalau keinginan kita sejalan dengan untuk apa kita diciptakan, maka akan dimudahkan-Nya, kalau pun tidak, nanti akan diarahkan ke yang lebih baik. Kita hanya perlu menyadari bahwa diri ini lemah dan tak berdaya. Mengakui kalau tak mampu melakukan apa pun tanpa pertolongan-Nya. Jangan pernah sekali pun merasa bisa mengandalkan diri sendiri, kita bukan apa-apa. Biarkan Dia yang bekerja, biarkan Dia yang mengatur kehidupan kita. Kita cukup menjadi sebaik-baiknya hamba, sebaik yang kita bisa. Tapi jangan hanya karena menginginkan sesuatu. Lakukanlah benar-benar karena Dia, ikhlas dan hanya mengharap Ridho-Nya saja. Memang tidak semudah mengatakannya, semua butuh proses. Asal kita tidak pernah menyerah untuk meminta. Biarkan impian kita sejalan dengan kehendak-Nya. Sehingga apa pun yang kita lakukan, semua adalah karena Dia. Sebab apalah arti mimpi yang besar jika tidak membawamu dekat dengan Allah. Apalah arti kesuksesan jika kamu tak mampu merasakan kehadiran-Nya.


Oke, segitu saja, ya, tipsnya. Sebenarnya ada banyak sekali tips-tips yang lain. Tapi untuk apa seribu satu tips kalau tidak dipraktekkan. Ingatlah bahwa kunci dari semuanya adalah konsisten. Kesuksesan tidak terjadi dalam semalam. Selamat menikmati indahnya perjuangan. 

Share This :
Fika AJ

Blogger, Writer, Translator.

4 komentar

Berikan komentar dan dapatkan kunjungan balik

  1. update lagi donk mbak, tulisannya

    ReplyDelete
  2. Siap, Mas. Tulisan baru sedang dalam proses. Makasih dukungannya. 😊

    ReplyDelete
  3. Bagus tulisan nya mbak saya suka, saya suka

    ReplyDelete
  4. Makasih udah mampir Mas Ihsan

    ReplyDelete